DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Pelayanan Bank Sampah Induk Di Kota Banjarmasin
PENGARANG:SAYID MUHAMMAD RIDHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-12


ABSTRAK 
 
SAYID MUHAMMAD RIDHO, 1810411310020, 2022. Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat, Menyusun Skripsi dengan judul “Efektivitas Program Pelayanan Bank Sampah Induk di Kota Banjarmasin” Di Bawah Bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari. Penelitian ini berawal adanya bank sampah unit yang mengalami pertumbuhan yang semakin banyak di Kota Banjarmasin, maka perlu wadah untuk mengakomodasikan. Pada akhirnya, banyak keluhan dan aspirasi dari bank sampah unit terkait masalah penjualan, armada/angkutan, banyak nya bank sampah unit yang memerlukan pendampingan. Atas dasar hal ini, Dinas Lingkungan Hidup dan adanya kesamaan dengan masyarakat mengelola sampah melalui program bank sampah untuk mendukung pemerintah dalam mengurangi dan menangani permasalahan sampah.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Selain itu penelitian ini dalam teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, berita, buku, dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas Program Pelayanan Bank Sampah Induk di Kota Banjarmasin belum berjalan secara efektif. Hal ini dapat dilihat dari 3 indikator pendekatan yaitu: pendekatan sumber belum sepenuhnya sarana-prasarana dan tenaga kerja terbatas, pendekatan proses belum sepenuhnya tanggung jawab dan kesadaran dalam komunikasi bank sampah unit terhadap bank sampah induk, belum sepenuhnya sosialisasi program pelayanan bank sampah induk menyentuh masyarakat, dan pendekatan sasaran/tujuan belum sepenuhnya sampah di bank sampah unit terpilah sesuai dengan jenisnya. Saran mengenai penelitian ini yaitu perlu meningkatkan koordinasi dan kerja sama yang terlibat dalam Program Pelayanan Bank Sampah Induk serta perlu adanya peningkatan pendampingan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk menjaga keberlanjutan bank sampah unit, meningkatkan pola komunikasi yang baik antara bank sampah unit dengan bank sampah induk.  

Kata Kunci : Efektivitas, Program, Pelayanan, Bank Sampah Induk 

 

ABSTRACT 

SAYID MUHAMMAD RIDHO, 1810411310020, 2022. Public Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Lambung Mangkurat University, Prepared a Thesis entitled "Effectiveness of the Main Waste Bank Service Program in Banjarmasin City" Under the Guidance of Muhammad Riduansyah Syafari. This research began with the existence of a unit waste bank that experienced more and more growth in the City of Banjarmasin; it was necessary to have a container to accommodate it. There were many complaints and aspirations from the unit waste bank related to sales, fleet/transportation problems, and the large number of unit waste banks that needed assistance. On this basis, the Department of Environment and the similarity with the community manage waste through the waste bank program to support the government in reducing and dealing with waste problems. This research method uses a qualitative approach with a qualitative descriptive research type. In addition to this research, the data collection techniques used in this research are observation, interviews, and studies of documentation, news, books, and so on. The results of this study indicate that the effectiveness of the Main Waste Bank Service Program in Banjarmasin City has not been running effectively. This can be seen from the 3 indicators of the approach, namely: the source approach is not fully equipped with limited infrastructure and manpower, the approach is not yet fully responsible and awareness in communication of the waste bank unit to the main waste bank, has not fully socialized the community waste bank service program, and the approach the target/destination is not yet fully disposed of waste in the waste unit bank, segregated according to its type. Suggestions regarding this research are the need to improve coordination and cooperation involved in the Main Waste Bank Service Program and the need for increased assistance by the Environmental Service to maintain the sustainability of the unit waste bank, improve good communication patterns between the unit waste bank and the main waste bank. 

Keywords: Effectiveness, Program, Service, Main Waste Bank 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI