DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGKOMBINASIKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH | |
PENGARANG | : | Chyntia Dewi Pratiwi | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-12 |
Permasalahan pada penelitian pada tema 7 Peristiwa dalam kehidupan adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa, dan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Kuin Selatan yang berjumlah 20 orang siswa disemester 2 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 4 dengan skor 47 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar kognitif pertemuan 4 mencapai 100%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 4 mencapai 95%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 4 mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Make a dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan juga akan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI