DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGKOMBINASIKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH
PENGARANG:Chyntia Dewi Pratiwi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-12


Permasalahan  pada  penelitian  pada  tema  7  Peristiwa dalam kehidupan  adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa, dan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mendeskripsikan aktivitas  guru, mendeskripsikan aktivitas  siswa,  dan menganalisis peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian  ini  menggunakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  yang dilaksanakan  dalam  empat kali  pertemuan.  Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  5  SDN  Kuin  Selatan   yang  berjumlah  20  orang  siswa  disemester  2 tahun  ajaran 2021/2022.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif. Data  yang  diambil merupakan  data  kualitatif  diperoleh  melalui  observasi  aktivitas  guru,  aktivitas  siswa  kemudian  menggunakan  data kuantitatif  untuk  hasil  belajar  siswa  yang  diperoleh  melalui  tes  tertulis  secara kelompok  dan  individu. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  aktivitas  guru  pada  pertemuan 4 dengan  skor  47  dengan  kriteria  “Sangat  Baik”.  Aktivitas  siswa  pada  pertemuan  4 menjadi  100% dengan kriteria  “Sangat  Aktif”. Hasil belajar  kognitif  pertemuan  4  mencapai  100%. Hasil belajar afektif  pada  pertemuan  4  mencapai  95%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan  4  mencapai  90%. Berdasarkan  hasil  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa  penggunaan kombinasi model Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Make a dapat  meningkatkan  kualitas  aktivitas  guru, aktivitas  siswa, hasil belajar dan juga akan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI