DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS BARU 3 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKI AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-12


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa materi pengolahan data. Hal ini dikarenakan pembelajaran belum berpusat kepada siswa, kreativitas siswa belum berkembang, siswa merasa bosan dan tidak tertantang saat belajar, dan siswa kesulitan memahami konsep dan menyelesaikan masalah terkait pengolahan data. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan kombinasimodel Realistic Mathematics Education, Numbered Head Together dan Course Review Horay dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa pada materi pengolahan data di kelas V SDN Pemurus Baru 3 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap SDN Pemurus Baru 3 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa16 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas gurudalam melaksanakan pembelajaran telah berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara individu pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dan mencapai kriteria sangat aktif, dan secara klasikal mencapai kriteria hampir seluruhnya aktif.Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni 80 % siswa mendapatkan nilai 70.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan kombinasi model Realisistic Mathematics Education, Numbered Head Together dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengolahan data siswa kelas V SDN Pemurus Baru 3 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI