DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INQUIRY LEARNING, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS 5 SDN 2 SYAMSUDIN NOOR KOTA BANJARBARU
PENGARANG:BAITI UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-12


ABSTRAK

 

Utami, Baiti. 2022.  Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPA

Tema 7  Peristiwa dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Inquiry Learning, Numbered Head Together, dan Course Review Horay Siswa Kelas 5 SDN 2 Syamsudin Noor  Kota Banjarbaru. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmain. Pembimbing Dr. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar Model Inquiry Learning, Numbered Head Together, dan Course Review Horay

 

Masalah yang terjadi pada  pelajaran muatan IPA  Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan  Kelas 5 SDN 2 Syamsudin Noor Kota Banjarbaru adalah  guru masih kurang dalam merangsang siswa untuk mengembangkan keterampilan  proses, belum menggunakan model pembelajaran yang menarik minat dan perhatian siswa, pembelajaran masih belum didasari oleh berpikir kritis , logis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, inkuiri, serta pembelajaran masih belum mengembangkan kemampuan siswa dalam hal berkomunikasi untuk meningkatkan kepercayaan diri. Oleh  karena itulah  salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu menggunakan  kombinasi model Inquiry Learning, Numbered Head Together, dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas  siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK)  yang dilaksanakan sebanyak  dua siklus atau empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah  siswa  kelas 5 SDN 2  Syamsudin Noor Kota Banjarbaru Tahun Ajaran 2021/2022, jumlah peserta didik sebanyak 28  orang. Data dihasilkan dari lembar instrumen lembar observasi  dan tes hasil  evaluasi belajar, kemudian di analisis dengan deskriptif dan  digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa. Dan tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru diperoleh skor 26 dengan kategori baik menjadi skor 39 dengan kategori sangat baik. Observasi aktivitas siswa diperoleh  50%  dengan kriteria “cukup aktif” menjadi  93%  dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa diperoleh  50%  tuntas menjadi 96% siswa tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi  model Inquiry Learning, Numbered Head Together, Dan Course Review Horay   dapat meningkatkan ktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI