DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL SIP’ANDTURE DENGAN MEDIA POP-UP BOOK DI SDN PANTAI HAMBAWANG
PENGARANG:MIA RESTY AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-14


ABSTRAK

Aulia, Mia Resty. 2022. Meningkatkan Aktivitas Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Siklus Makhluk Hidup Menggunakan Model SIP’ANDTURE Dengan Media Pop-Up Book di SDN Pantai Hambawan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. Noorhapizah, ST,. M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas, Berpikir Kritis, Hasil Belajar dan SIP’ANDTURE.

Permasalahan pada penelitian yaitu rendahnya aktivitas siswa dan keterampilan befikir kritis siswa sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, pembelajaran belum menerapkan model yang fokus pada aktivitas siswa, siswa kurang terlibat aktif dalam memecahkan masalah, siswa hanya mengharapkan informasi pada guru, minimnya media pembelajaran yang menarik sehingga membuat siswa merasa bosan . Salah satu upaya meningkatkan yaitu dengan menggunakan Model pembelajaran SIP’ANDTURE yaitu kombinasi dari model SAVI (somatic auditori visual intelektual), PBL(Problem based learning), dan Picture and Picture dengan media Pop-up Book. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pantai Hambawang Kab. Barito Kuala yang berjumlah 11 orang siswa di semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dengan kriteria “Cukup Baik”, meningkat pada pertemuan IV dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Berpikir kritis siswa pada pertemuan I dengan kriteria “Cukup Terampil” dan meningkat pada pertemuan IV dengan kriteria “Sangat Terampil”. Untuk hasil belajar kognitif siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 67% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 91%.

Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa model SIP’ANDTURE berhasil meningkatkan aktivitas guru dan siswa, keterampilan berpikir kritis, serta hasil belajar siswa. Di sarankan dalam penggunaan model SIP’ANDTURE dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru dan siswa, keterampilan berpikir kritis, yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI