DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat Dalam Melestarikan Tarian Babigal Pada Masyarakat Dayak Tomun Di Desa Kinipan Kecamatan Batang Kawa Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah
PENGARANG:MILKA JULIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


Milka Julianti 2022, Partisipasi Masyarakat Dalam Melestarikan Tarian BabigalPadaMasyarakatDayakTomunDiDesaKinipanKecamatanBatangKawa Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah. Skripsi Program StudiPendidikanSosiologi.JurusanPendidikanIlmuPengetahuanSosialFakultasKeguruandanIlmuPendidikan.UniversitasLambungMangkurat.Pembimbing (1) Yuli Apriati,(2)Rahmat Nur

 

KataKunci: Partisipasi,TarianBabigal,DayakTomun.

 

Tarian babigal sebagai salah satu warisan budaya tradisional masyarakatDayak Tomun di Desa Kinipan yang harus dilestarikan oleh masyarakat secaraterus menerus agar tetap ada dan berkembang dari generasi ke generasi. Penelitianini bertujuan untuk menemukan : (1) Partisipasi masyarakat dalam melestarikantarianbabigal(2)Kendaladalam melestarikan tarianbabigal.

Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiankualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan teknikpurposive sampling,dengan informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang. Pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknikpengujiankeabsahandatadalampenelitianinimenggunakanteknikperpanjanganpengamatan,meningkatkanketekunandantriangulasi.Teknikanalisisdatadalampeenlitianiniadalahreduksidata,penyajiandata,danpenarikankesimpulan.

Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Terdapat 4 partisipasi yakni : (a)berkontribusi sebagai penari tarian babigal, (b) berkontribusi sebagai pemain alatmusik,(c)berkontribusidalammenyiapkandanmembagikankonsumsi,(d)berkontribusisebagaipenontontarianbabigal,(e)berkontribusidalammembagikanpakaianadat.(2)Terdapat4kendalayangdihadapidalammelestarikantarianbabigalyaitu:(a)tidakadaregenerasi,(b)kurangnyapelatihan,(c) hadirnyahiburan lain, (d)Pandemi covid-19.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi para masyarakat DayakTomundiDesaKinipanKecamatanBatangKawaKabupatenLamandauKalimantan Tengah hendaknya terus melaksanakan acara tarian babigal ini karenadengan adanya pelaksanaan acara tarian babigal ini memperkuat tali kebersamaanBagi masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga kelestarianagar dapat terusbertahanseiringberkembangnyazaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI