DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MENULIS INFORMASI TEKS BACAAN TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS 3 SDN PUNTIK TENGAH BARITO KUALA
PENGARANG:YUMI NOUR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


Nour Azizah, Yumi. 2022. Implementasi Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Examples non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Menulis Informasi Teks Bacaan Tema 6 Energi dan Perubahannya Pada Siswa Kelas 3 SDN Puntik Tengah Barito Kuala. Pembimbing : Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Student Teams Achievement Division (STAD), Model Examples non Examples, Sumber Energi, Menulis Informasi

Pelaksanaan penelitian mengangkat masalah yang terjadi pada pembelajaran tema 6 Enargi dan Perubahannya di kelas 3 SDN Puntik Tengah yang disebabkan oleh kurangnya motivasi dari guru, pembelajaran yang kurang bervariasi dan pembelajaran bersifat satu arah. Solusi untuk permasalahan tersebut dengan kombinasi model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Examples non Examples yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setting penelitian ini siswa kelas 3 SDN Puntik Tengah Kabupaten Barito Kuala semester 2 tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 19 orang. Jenis data penelitian yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil belajar siswa dengan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif data kualitatif dan data kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap aspeknya dengan: (1) Aktivitas guru sangat baik dengan poin pada siklus I 28 dan pada siklus II berjumlah 32. (2) Aktivitas siswa siklus I 57,89% dan siklus II 94,73% dengan kriteria sangat aktif. (3) Serta hasil belajar siswa yang meningkat dengan siklus I 57,89% dan pada sisklus II 94,73%.

Melihat temuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Examples non Examples dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI