DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL KOMBINASI GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Noorrahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


ABSTRAK

 

Noorrahman, Muhammad (2022) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKN Tema Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan Model Kombinasi Group Investigation, Numbered Head Together, dan Make A Match di Kelas IV SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH. M.Pd

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, Group Investigation, Numbered Head Together, Make A Match.

       Pembelajaran berpusat pada siswa, siswa berpartisipasi secara aktif, siswa mampu mengembangkan kreativitas diri, dan menciptakan kondisi yang menyenangkan. Namun kenyataannya, belum berpusat pada siswa, siswa kurang aktif saat belajar, siswa tidak mengembangkan kreativitas diri, dan siswa cepat merasa bosan. Upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan kombinasi model Group Investigation, Number Head Together, dan Make a Match. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

       Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama 4 kali pertemuan (siklus). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis, analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase. 

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan (siklus) I memperoleh skor 23 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan (siklus) IV menjadi 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan (siklus) I masih 42% kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan (siklus) IV menjadi 92% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pada pertemuan (siklus) I yaitu 33% meningkat pada pertemuan (siklus) IV dengan ketuntasan klasikal 92%. 

       Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model kombinasi Group Investigation, Numbered Head Together, dan Make A Match dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakn model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI