DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDEN
PENGARANG:SALSABILA ANISYA RIZQI RAHMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, rendahnya keterampilan memecahkan masalah, pembelajaran kurang bermakna, dan kurang dalam menggali informasi. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model STUDEN dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan memecahkan masalah serta mengetahui hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 kali pertemuan. Adapaun subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Keliling Benteng Ulu 2 tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan memecahkan masalah, kemudian data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan digambarkan dalam bentuk table, selanjutnya diinterpretasikan menggunakan kriteria masing-masing indikator keberhasilan serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 20 dengan kriteria “Baik” meningkat pada pertemuan IV dengan skor 32 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pertemuan pertama mencapai 47% dengan kategori “Cukup Aktif”, meningkat pada pertemuan IV mencapai 93% dengan kategori “Sangat Aktif”.  Keterampilan memecahkan masalah pertemuan I mencapai 47% dengan kategori “Cukup Aktif”, meningkat pada pertemuan IV mencapai 93% dengan kategori “Sangat Aktif”, dan hasil belajar pertemuan I mencapai 47% meningkat pada pertemuan IV mencapai 100% .

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model STUDEN dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan memecahkan masalah. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI