DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION, DAN SNOWBALL THROWING DI SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN
PENGARANG:KHOIRUNNISA WIDIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


 

 

Permasalahan penelitian ini adalah peserta didik tidak terlibat aktif dalam pelajaran karena tidak memahami konsep pembelajaran yang disampaikan, dan membuat peserta didik menjadi pasif. Belum mampu memecahkan permasalahannya sendiri, kurangnya penerapan model pembelajaran, kemudian proses pembelajaran yang terjadi masih satu arah (teacher centered), hal ini berdampak kepada hasil belajar. Alternatif pemecahan masalah pada penelitian ini adalah melakukan pembelajaran melalui kombinasi Problem Based Learning, Student Team Achievement Division dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas pendidik, mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan menganalisis hasil belajar peserta didik.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif pada proses pengolahan datanya, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V semester genap di SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin tahun 2021/2022, dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 orang. Aktivitas pendidik dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar peserta didik diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu dan kelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik terlaksana hingga mencapai nilai 30 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas peserta didik terlaksana hingga mencapai 93% dengan kategori “sangat aktif”, hasil belajar mencapai 87% dengan kategori “sangat baik”.

            Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi Model Problem Based Learning, Student Team Achievement Division dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kombinasi model ini, disarankan menjadi salah satu alternatif serta solusi dalam usaha memilih dan menggunakan model pembelajaran terkhusus pada muatan IPA.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI