DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION NUMBER HEAD TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS 4 SDN TELAGA BIRU 10 BANJARMASIN
PENGARANG:JESSICA ANDREA OCTAVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


Octavia, Jessica Andrea. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Group Investigation Number Head Together dan Course Review Horay pada Siswa Kelas 4 SDN Telaga Biru 10 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Khairil Anwar, M. Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, ModelGroup Investigation, Number Head Together dan Course Review Horay

Permasalahan penelitian ini adalah siswa tidak aktif dalam bertanya dan mengemukakan pendapat, kurangnya interaksi serta kerjasama antar siswa,Pemahan siswa terhadap suatu materi rendah, siswa cepat bosan  dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas IV  SDN Telaga Biru 10 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan Hasil Belajar siswa yaitu melalui kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation Number Head Together Dan Course Review Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Telaga Biru 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Jenis data yang dipakai adalah data kualitatif dan kuantitaf dimana data kualitatif didapatkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif didapatkan melalui hasil belajar yang diambil menggunakan tes secara berkelompok dan evaluasi belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 23 kriteria “Baik”, meningkat menjadi 29 kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 3. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 48% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 96% kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 52% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation Number Head Together Dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya khususnya materi gaya dan gerak pada siswa kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI