DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, SCRAMBLE DAN TALKING STICK SISWA KELAS IV SDN BELITUNG UTARA 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ANISA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


Fitri, Anisa. 2022. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Scrambel dan Talking Stick Siswa Kelas IV SDN Belitung Utara 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Khairil Anwar M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Membaca Intensif, Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Scramble dan Talking Stick.

                  Permasalahan yang terjadi di SDN Belitung Utara 1 Banjarmasin yaitu rendahnya keterampilan membaca intensif dalam menemukan ide pokok, kurangnya minat dan kepercayaan diri siswa terutama dalam keterampilan membaca, siswa kurang mampu menemukan ide pokok pada teks melalui membaca intensif, pembelajaran yang kurang menarik, dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition, Scramble dan Talking Stick ini adalah solusi terbaik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca dan meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan membaca intensif dalam menemukan ide pokok siswa kelas IV SDN Belitung Utara 1 Banjarmasin.

             Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Belitung Utara 1 Banjarmsin tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, angket motivasi belajar siswa, serta tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interprestasi dengan persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.

                 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari 21 dengan kriteria baik hingga 30 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari 46% hingga 92,85%. Hasil belajar aspek kognitif dari 36% hingga 100%. Dengan demikian model Cooperative,Integrated, Reading and CompositionScramble dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca siswa, dan hasil belajar siswa.

                Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated Reading and Composition, Scramble dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI