DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESESUAIAN MATERI PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERDAGANGAN INTERNASIONAL KELAS IX SEMESTER II DENGAN KOMPETENSI DASAR
PENGARANG:LAILA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


Kurikulum 2013 yang berlaku sejak tahun 2013 dan direalisasikan tahun 2014 telah membawa perubahan yang mendasar pada pendidikan dasar dan menengah, satu diantara fokus pengembangan kurikulum 2013 adalah pengurangan materi pelajaran. Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran tercapai sesuai tujuan pembelajaran, yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik. Sehingga diperlukan analisis mengenai kesesuaian materi pembelajaran IPS pada buku siswa kelas IX SMP/MTs semester II kurikulum 2013 revisi 2018 pada tema perdagangan internasional dengan kompetensi dasar.

Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan materi pembelajaran perdagangan internasional 2) Menganalisis kesesuaian materi pembelajaran perdagangan internasional dengan kompetensi dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur berhubungan dengan suatu proses pencarian data, membaca, memahami, serta menganalisis berbagai literatur yang dikumpulkan, hasil kajian atau studi yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan.

Hasil penelitian ini yaitu dalam materi pembelajaran IPS yang ada pada buku siswa kelas IX tentang perdagangan internasional terdapat tiga pembahasan. Materi yang tersaji diantaranya pengertian perdagangan internasional, faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional, serta manfaat dan hambatan perdagangan internasional. 1) Berdasarkan tiga pembahasan tersebut materi pembelajaran sudah sesuai dengan kompetensi dasar dengan memuat konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar). 2) Materi manfaat perdagangan internasional tidak ada penguraian materi hanya berupa poin saja sehingga peran guru sangat dibutuhkan dalam penyampaian materi pembelajaran. 3) Keterampilan guru dalam mengajar dengan sumber yang ada dilingkungan sekitar peserta didik berdasarkan pengalaman guru dengan materi muatan lokal, dengan menyampaikan materi perdagangan internasional yang ada Kalimantan Selatan.

Kata Kunci: Materi Pembelajaran, Perdagangan Internasional, Kompetensi Dasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI