DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FAKTOR PENYEBAB PENJAJAHAN BANGSA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PESONA TAKTIK PADA KELAS V SDN BERANGAS BARAT 3
PENGARANG:MULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-15


Muliana. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Faktor Penyebab Penjajahan Bangsa Indonesia Menggunakan Model Pesona Taktik pada Kelas V SDN Berangas Barat 3”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. H. M. Saleh, M.Pd

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Faktor Penyebab Penjajahan Bangsa Indonesia,Problem Solving, Numbered Head Together, Talking Stick.

 

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa memahami materi IPS cukup lemah karena keterbatasan media pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan guru tidak mengembangkan pembelajaran dua arah dan monoton sehingga kurangnya aktivitas siswa yang berdampak pada penururnan hasil belajar Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model Pesona Taktik (Problem Solving, Numbered Head Together dan Talking Stick) dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Berangas Barat 3.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 4 pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Berangas Barat 3 tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa 12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 42% dalam kriteria kurang aktif, pertemuan 2 mencapai 58% dalam kriteria cukup aktif, pertemuan 3 mencapai 83% dalam kriteria sangat aktif dan pertemuan 4 mencapai 100% dalam kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 58%, pertemuan 2 mencapai 67%, pertemuan 83% dan pertemuan 4 100%.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model Pesona Taktik (Problem Solving, Numbered Head Together dan Talking Stick) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Berangas Barat 3. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain mengkombinasikan model pembelajaran yang lebih menekankan kepada pemecahan masalah, aktif mempresentasikan hasil diskusi dan menyimpulkan pembelajaran IPS agar proses pembelajaran menjadi lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI