DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI SKALA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC PROBLEM SNOWBALL DI SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SINDI YULIA SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan berpikir kritis  yang rendah, yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar matematika. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 orang. Pendekatan yang digunakan adalah  kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 orang. untuk ketuntasan individual dan hingga 80% siswa pada ketuntasan klasikal, serta kinerja pendidik yang memenuhi kriteria "Sangat Baik" dan kinerja peserta yang memenuhi kriteria "Sangat Baik". Hasil penelitian menunjukkan bahwa  setiap pertemuan mengalami peningkatan dan pertemuan terakhir memenuhi kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dari pertama kali memenuhi kriteria “Aktif”,  kedua kali kriteria “Aktif”,  ketiga kali kriteria “Sangat aktif”, dan keempat kali kriteria ““Sangat positif”. Penampilan siswa pada pertemuan akhir secara klasikal selesai. Berpikir kritis pada pertemuan pertama rendah, pertemuan kedua rendah, pertemuan ketiga sedang, dan pertemuan keempat tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI