DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MINDHEAD TEAMS PADA SISWA KELAS IV SDN 1 SETIAP BARABAI
PENGARANG:GHINA YUSNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Yusnita, Ghina. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ips Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Mindhead Teams Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Setiap Barabai. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping, Numbered Head Together, Teams Games Tournament.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar di kelas IV SDN 1 Setiap Barabai.Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat satu arah yang mana pembelajaran hanya terpusat kepada guru, kemudian siswa kurang terlibat didalam proses pembelajaran sehingga menjadikan siswa menjadi pasif, serta pembelajaran masih belum menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menarik. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa ini maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Mindhead Teams. Tujuan dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 14 orang.  Teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif melalui pengukuran hasil belajar. Data dihasilkan dari lembar instrumen observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 23 kriteria “Baik”, pertemuan II memperoleh skor 26 kriteria “Sangat Baik”, pertemuan III memperoleh skor 29 kriteria “Sangat Baik” dan pertemuan IV memperoleh skor 32 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pertemuan I mencapai kriteria “Sebagian Kecil Siswa Aktif”, pertemuan II mencapai kriteria “Siswa Hampir Aktif”, pertemuan III mencapai kriteria “Hampir Seluruh Siswa Aktif” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Seluruh Siswa Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan II mencapai 57,14%, pertemuan III mencapai 71,43%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru serta peneliti lain adalah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI