DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ROSIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


ABSTRAK

Rosidah. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Example Non Example  dan Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin,  Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Jenis Kegiatan Ekonomi, Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan  dalam memahami pembelajaran, kurangnya sikap membantu sesama dalam bekerjasama dan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, alternatif untuk penyelesaian masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa juga hasil belajar.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Pekauman 1 Banjarmasin pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 14 orang tahun ajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Jenis Kegiatan Ekonomi dengan menggunakan Kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together.  Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together pada pertemuan IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 90,6 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 87 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan mencapai 93%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku materi Jenis Kegiatan Ekonomi. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Example Non Example dan Numbered Head Together dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI