DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIAN (CIRC), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS 4 SDN TELUK MESJID 1 HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:DINI FITRIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


ABSTRAK

Fitria, Dini. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Kombinasi Model Cooperative  Integrated Reading and Compositian (Circ), Think Pair Share (Tps)  dan Media Big Book  pada Siswa Kelas 4 Sdn Teluk Mesjid 1 Hulu Sungai Utara”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd

 

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Cooperative  Integrated Reading and Compositian, Think Pair Share dan Media Big Book

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan membaca siswa masih kurang optimal, kurangnya strategi dalam pembelajaran, pembelajaran hanya berlangsung satu arah dan minimnya stimulus yang diberikan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa  hasil belajar materi ide pokok paragraf pada siswa kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 Hulu Sungai Utara .

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Teluk Mesjid  yang berjumlah 17 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk keterampilan membaca pemahaman siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh nilai  21 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 3 memperoleh nilai 28 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai % dengan kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 59%  pada setiap aspek dan pada pertemuan 3 aspek kognitif  dan psikomotorik mencapai 94% serta aspek afektif mencapai mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran CIRC,TPS dan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDNTeluk Mesjid 1 Hulu Sungai Utara . Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI