DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kegiatan Produksi Kain Sasirangan Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:HUSEIN NASUFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Pada aktivitas masyarakat Kelurahan Seberang Mesjid ini menghasilkan Kegiatan ekonomi yaitu produksi kain sasirangan, dalam hal ini kegiatan ekonomi dari masyarakat di kampung sasirangan tersebut dirasa  sangat cocok untuk dijadikan sebagai sumber belajar IPS untuk peserta didik. Ketersediaan ragam sumber belajar nyatanya belum dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pembelajaran IPS dalam proses belajar mengajar, dalam proses pembelajaran pemanfaatan sumber belajar yang beragam masih sangat jarang digunakan, misalnya saja penggunaan sumber belajar yang berkaitan dengan lingkungan masih belum dioptimalkan penggunaannya oleh guru. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, alternatif yang perlu dilakukan oleh guru adalah dengan memanfaatkan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar dengan mengintegasikannya pada materi pembelajaran.

Tujuan penelitian ini membuat skripsi ini untuk mendeskripsikan sejarah dari Kampung Sasirangan, untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan produksi kain Sasirangan, dan untuk mendeskripsikan integrasi proses kegiatan produksi kain Sasirangan  sebagai sumber belajar IPS

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tempat penelitian berada di Kelurahan Seberang Mesjid Banjarmasin (Kampung Sasirangan). Subjek pada penelitian ini adalah penjual kain Sasirangan dan pembeli kain sasirangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data,  penyajian data, dan penarikan keimpulan dengan teknik pengujian data melalui triangulasi dan perpanjangan pengamatan.

Penelitian ini berhasil mengetahui bagaimana sejarah dari kampung Sasirangan, selain itu mengetahui bagaimana kegiatan produksi kain Sasirangan dan menjadikan kegiatan ekonomi khususnya produksi kain Sasirangan tersebut sebagai sumber belajar IPS. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) gambaran umum dan sejarah kampung Sasirangan. Proses produksi kain Sasirangan di Kampung Sasirangan Banjarmasin. (2) Pengintegrasian kegiatan produksi sasirangan di kampung sasirangan melalui kegiatan ekonomi sebagai sumber belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI