DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPS TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS 5 SDN 1 SUNGAI DANAU KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:PUTRI INDAH LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


ABSTRAK

 

Lestari, Putri Indah. 2022. MeningkatkanAktivitas, Hasil Belajardan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPSTema 6 Panas dan Perpindahannya Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament Kelas 5 SDN 1 Sungai Danau Kabupaten Tanah BumbuSkripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs, Mahmuddin M.Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Numbered Head Together, Teams Games Tournament.

 

Permasalahan siswa pada kelas 5 SDN 1 Sungai Danau tema 6 Panas dan Perpindahannya disebabkan kurangnya aktivitas siswa,siswa kurang terampil berpikir kritis. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih bersifat satu arah, sehingga hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaranProblem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SDN 1 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan I dengan memeproleh skor 27 dengan kriteria baik, padasiklus II pertemuan 1 menjadi 39 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 46,87% dengan kriteria cukup aktif, pada siklus II pertemuan 1 memperoleh skor 87,5% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 50% dengan kriteria cukup kritis, pada siklus II pertemuan 1 memperoleh skor 90,62%dengan kriteria sangat kritis. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 34,37%, meningkat pada siklus II pertemuan 1 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI