DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE STEAM DAN EKSPERIMEN DI KELOMPOK A PAUD TERPADU ALMADINA
PENGARANG:RENY NOOR AINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Reny. 2022. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Sains Sederhana Menggunakan Metode STEAM dan Eksperimen di Kelompok A PAUD Terpadu Almadina. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

Kata Kunci: STEAM, Eksperimen, Mengenal Konsep Sains Sederhana

       Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep sains sederhaana, hal ini disebabkan oleh penggunaan media yang kurang menarik dan tidak melibatkan anak dalam percobaan langsung pada saat pembelajaran sains sehingga anak kurang aktif dan sering merasa bosan dalam pembelajaran. Upaya pemecahan masalah ini yaitu dengan menggunakan metode STEAM dan Eksperimen. Tujuan dari pembelajaran ini yaitu mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas anak, dan menganalisis perkembangan kemampuan anak dalam mengenal konsep sains sederhana.

        Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah kelompok A PAUD Terpadu Almadina sebanyak 15 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif.

        Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mendapat skor 17 dengan kategori “cukup baik”, pada siklus I pertemuan 2  mendapatkan skor 21 dengan kategori “baik”, dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mendapat skor 25 dan 28 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 mencapai 47% dengan kategori “cukup aktif”, pada pertemuan 2 mencapai 73% dengan kategori “aktif” dan mengalami peningkatan pada pertemuan 3 dan 4 yaitu mencapai 86% dan 94% dengan kategori “sangat aktif”. Untuk hasil perkembangan anak pada pertemuan 1 mencapai 33% pada pertemuan 2 meningkat  67%, pada pertemuan 3 mencapai 87% dan meningkat kembali pada pertemuan 4 mencapai 93%.

       Disimpulkan menggunakan metode STEAM dan Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas anak dan mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep sains sederhana di kelompok A PAUD Terpadu Almadina. Bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih metode pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep sains sederhana.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI