DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI PEDAGANG DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:RISNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Judul penelitian ini “Partisipasi Pedagang Pasar Dalam Pengelolaan Sampah di Kecamatan Banjarmasin Utara”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya interaksi  antara pedagang dan pembeli yang menjadi salah satu tempat penghasil sampah yang cukup besar. Keberadaan pasar tradisional di Kecamatan Banjarmasin Utara turut menghasilkan sampah. Pedagang di Pasar Cemara dan Pasar Jahri Saleh sebagian besar membuang sampah di depan stand atau kios pedagang sehingga membuat lingkungan pasar menjadi kotor. Permasalahan sampah dikedua pasar tradisional Kecamatan Banjarmasin Utara menyebabkan lingkungan sekiat pasar menjadi kumuh dan menimbulkan bakteri yang menjadi sumber penularan penyakit. Banyaknya sampah yang dihasilkan oleh pasar sehingga memerlukan pengelolaan sampah yang tepat dan memenuhi syarat kesehatan. Permasalahan yang ditemukan, pedagang perlu memperhatikan partisipasi pengelolaan sampah. Tujuan penelitiaan ini untuk mengetahui partisipasi  pedagang pasar dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Banjarmasin Utara.

     Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 258 pedagang di Pasar Cemara dan 91 pedagang di Pasar Jahri Saleh dengan jumlah sampel yaitu 129 pedagang di Pasar Cemara dan 45 pedagang di Pasar Jahri Saleh. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi di lapangan dan penyebaran kuesioner. Data sekunder diperoleh studi dokumen.Teknik pengolahan data yang digunakan terdiri dari editing, coding, dan tabulating kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase.

      Hasil penelitian  menunjukkan partisipasi pedagang dalam pengelolaan sampah pasar di Kecamatan Banjarmasin Utara, dapat disimpulkan bahwa Partisipasi pedagang dalam pengelolaan sampah di Pasar Cemara  sebagian besar sudah berpartisipasi  dalam pembayaran retribusi sampah 72,%, partisipasi pedagang penyediakan tempat sampah sementara 68,2%, partisipasi pedagang membuang sampah pada tempatnya 95,3%,  dan partisipasi pedagang  yang masih kurang tentang pengetahuan sampah 48%. Partisipasi pedagang dalam pengelolaan sampah di Pasar Jahri Saleh sebagian besar sudah berpartisipasi dalam pembayaran retribusi sampah 91%, Partisipasi pedagang dalam menyediakan tempat sampah sementara 57,8%, partisipasi pedagang dalam pembuangan sampah 62,2%,  dan partisipasi pedagang yang masih kurang yaitu pengetahuan tentang sampah 42,2%. Pengelolaan sampah di Pasar Cemara yang meliputi pewadahan sampah dan pengumpulan sampah sudah banyak memenuhi syarat kesehatan dibandingakan Pasar Jahri Saleh yang masih banyak tidak memenuhi syarat kesehatan karena TPS diangkut 2 kali seminggu sehingga banyak sampah berserakan yang menimbulkan bau busuk

 

Kata Kunci : Pasar, Pedagang, Partisipasi, Sistem Pengelolaan Sampah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI