DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | SETIAWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-16 |
Permasalahan yang terjadi ini adalah rendahnya hasil belajar matematika
materi luas segitiga dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang pas,
minim penggunaan media pembelajaran, siswa sulit memahami materi dan soal
yang sifatnya abstrak, sering lupa dengan rumus, pembelajaran cenderung satu
arah, kurang terampilnya siswa dalam memecahkan masalah, siswa untuk
menunjukkan diri, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa di bawah KKM yang
telah ditetapkan, yaitu 70. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning dikombinasikan dengan model
Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan
aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan II siklus. Setting penelitian
ini adalah siswa kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin semester 2 tahun ajaran
2021/2022 yang berjumlah 15 orang terdiri atas 5 laki-laki dan 10 perempuan. Jenis
data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif
diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif
diperoleh dari hasil belajar siswa dengan tes tertulis. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif data kualitatif dan data kuantitatif berdasarkan
skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh
kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas
siswa pada siklus I dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai
kriteria “sangat aktif”. Kemudian hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu
pada siklus I mencapai tuntas dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II
mencapai tuntas dengan kriteria “sangat baik”.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based
Learning dikombinasikan dengan model Numbered Head Together dapat
meningkatkan hasil belajar siswa materi luas segitiga di kelas IV SDN Sungai Miai
8 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif bagi
guru dan peneliti lain dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Siswa materi luas segitiga.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI