DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:SETIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Permasalahan yang terjadi ini adalah rendahnya hasil belajar matematika

materi luas segitiga dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang pas,

minim penggunaan media pembelajaran, siswa sulit memahami materi dan soal

yang sifatnya abstrak, sering lupa dengan rumus, pembelajaran cenderung satu

arah, kurang terampilnya siswa dalam memecahkan masalah, siswa untuk

menunjukkan diri, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa di bawah KKM yang

telah ditetapkan, yaitu 70. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan

model pembelajaran Problem Based Learning dikombinasikan dengan model

Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan

aktivitas guru dan siswa serta menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis

Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dengan II siklus. Setting penelitian

ini adalah siswa kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin semester 2 tahun ajaran

2021/2022 yang berjumlah 15 orang terdiri atas 5 laki-laki dan 10 perempuan. Jenis

data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif

diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif

diperoleh dari hasil belajar siswa dengan tes tertulis. Teknik analisis data

menggunakan analisis deskriptif data kualitatif dan data kuantitatif berdasarkan

skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh

kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas

siswa pada siklus I dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai

kriteria “sangat aktif”. Kemudian hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu

pada siklus I mencapai tuntas dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II

mencapai tuntas dengan kriteria “sangat baik”.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based

Learning dikombinasikan dengan model Numbered Head Together dapat

meningkatkan hasil belajar siswa materi luas segitiga di kelas IV SDN Sungai Miai

8 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif bagi

guru dan peneliti lain dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran untuk

meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Siswa materi luas segitiga.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI