DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Keterampilan Vokasional Anak Tunarungu Melalui Pemberdayaan Membuat Sasirangan
PENGARANG:AZIZAH HAPSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Penelitian ini dilatarbelakangi seiring dengan pentingnya meningkatkan kemandirian anak tunarungu. Untuk meningkatkan kemandirian tentunya diperlukan keterampilan yang menarik agar muncul semangat anak untuk belajar. Keterampilan vokasional salah satunya yang bisa dipraktikkan yaitu membuat sasirangan yang nantinya diperlukan dalam bekerja di dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan vokasional tunarungu dalam membuat sasirangan.

Metode penelitian ini adalah metode SSR (Single Subject Research). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A. Adapun sistem pencatatan datanya menggunakan persentase. Desain A-B-A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1 (A1), tahap intervensi (B) dan tahap baseline 2 (A2). Tahap baseline 1 (A1) sebagai data awal yakni sebelum adanya treatment atau perlakuan, tahap intervensi (B) dengan bimbingan guru dalam membuat sasirangan, tahap baseline 2 (A2) kembali tanpa adanya treatment atau perlakuan. Subjek pada penelitian ini adalah anak tunarungu di SLB Negeri Kandangan berjumlah 5 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemberdayaan membuat sasirangan dapat meningkatkan keterampilan vokasional anak tunarungu. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari skor yang diperoleh. Pada tahap baseline 1 (A1) anak mendapatkan skor berkisar 36-40%. Pada tahap intervensi (B) anak mendapatkan skor berkisar 76-93% dan pada tahap baseline 2 (A2) anak mendapatkan skor berkisar 96-100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampil

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI