DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Guru Geografi Beradaptasi Pada Pembelajaran Era New Normal Di Kota Banjarmasin
PENGARANG:Risalma Amirah Adilla
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Pembelajaran perlu melakukan adaptasi sesuai dengan batasan-batasan yang 

diberlakukan dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri. Tujuan penelitian adalah untuk 

mengetahui strategi guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka pada 

era New normal. Penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan 

mengumpulkan data primer berbentuk wawancara dan kuesioner. Sampel dalam 

penelitian ini menggunakan purposive sampling anggota aktif MGMP Geografi Kota 

Banjarmasin berjumlah 45 orang. Teknik analisis data menggunakan Analisis SWOT. 

Hasil perhitungan SWOT menunjukkan nilai x 0,631 dan nilai y -2,096 sehingga 

menunjukan kedudukan kuadran II atau menunjukkan situasi yang kuat namun 

menghadapi tantangan yang besar. Kekuatan internal lebih mudah melatih kemampuan 

peserta didik dan perencanaan pembelajaran lebih ringkas. Ancaman eksternal yaitu 

durasi pertemuan singkat, sulit mengadakan praktikum, perbedaan karakter dan

kemampuan peserta didik, serta adanya peserta didik berkebutuhan khusus. Strategi

diversifikasi perlu diterapkan dengan mempersingkat RPP sesuai dengan kurikulum 

darurat, menerapkan pembelajaran campuran, pembelajaran penerimaan, dan 

pembelajaran ekspositori, memberikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) dan 

stimulus kepada peserta didik, memposisikan diri sebagai motivator. Sekolah perlu 

melaksanakan pelatihan untuk peningkatan mutu pendidik dengan lebih memperhatikan 

kekurangan dalam diri pendidik, dan melengkapi fasilitas agar kegiatan pembelajaran 

dapat berlangsung optimal. Guru diharapkan dapat bersikap profesional dan melakukan 

diseminasi (penyebaran) informasi kepada pendidik lainnya untuk penyelesaian kendala 

yang dihadapi. Arahan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan atau referensi

dalam penelitian sejenis dengan variabel yang belum di ukur seperti model pembelajaran, 

gaya belajar, atau analisis lain yang dipergunakan, serta dapat mengembangkan 

pengetahuan dan memperdalam temuan penelitian.

Kata kunci: Strategi Guru, Adaptasi, Pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI