DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Strategi Guru Geografi Beradaptasi Pada Pembelajaran Era New Normal Di Kota Banjarmasin | |
PENGARANG | : | Risalma Amirah Adilla | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-16 |
Pembelajaran perlu melakukan adaptasi sesuai dengan batasan-batasan yang
diberlakukan dalam Surat Keputusan Bersama 4 Menteri. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui strategi guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka pada
era New normal. Penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan
mengumpulkan data primer berbentuk wawancara dan kuesioner. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling anggota aktif MGMP Geografi Kota
Banjarmasin berjumlah 45 orang. Teknik analisis data menggunakan Analisis SWOT.
Hasil perhitungan SWOT menunjukkan nilai x 0,631 dan nilai y -2,096 sehingga
menunjukan kedudukan kuadran II atau menunjukkan situasi yang kuat namun
menghadapi tantangan yang besar. Kekuatan internal lebih mudah melatih kemampuan
peserta didik dan perencanaan pembelajaran lebih ringkas. Ancaman eksternal yaitu
durasi pertemuan singkat, sulit mengadakan praktikum, perbedaan karakter dan
kemampuan peserta didik, serta adanya peserta didik berkebutuhan khusus. Strategi
diversifikasi perlu diterapkan dengan mempersingkat RPP sesuai dengan kurikulum
darurat, menerapkan pembelajaran campuran, pembelajaran penerimaan, dan
pembelajaran ekspositori, memberikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) dan
stimulus kepada peserta didik, memposisikan diri sebagai motivator. Sekolah perlu
melaksanakan pelatihan untuk peningkatan mutu pendidik dengan lebih memperhatikan
kekurangan dalam diri pendidik, dan melengkapi fasilitas agar kegiatan pembelajaran
dapat berlangsung optimal. Guru diharapkan dapat bersikap profesional dan melakukan
diseminasi (penyebaran) informasi kepada pendidik lainnya untuk penyelesaian kendala
yang dihadapi. Arahan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan atau referensi
dalam penelitian sejenis dengan variabel yang belum di ukur seperti model pembelajaran,
gaya belajar, atau analisis lain yang dipergunakan, serta dapat mengembangkan
pengetahuan dan memperdalam temuan penelitian.
Kata kunci: Strategi Guru, Adaptasi, Pembelajaran
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI