DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATERI GAYA MENGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MAKE A MATCH DI SDN MARABAHAN 3
PENGARANG:KHOFIFAH ENDANG FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


Fitriani, Khofifah Endang. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Make a Match di SDN Marabahan 3. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd

 

Kata Kunci:  Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Make a Match, Aktivitas, Hasil Belajar.

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang bersifat satu arah, siswa masih bersifat pasif, pembelajaran cenderung abstrak, siswa tidak terbiasa berpikir kritis, kreatif dan materi sulit dipahami. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan kombinasi Model pembelajaran Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Make a Match. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa. 

 

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yakni siswa kelas IV SDN Marabahan 3 Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 15 orang. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja siswa dan evaluasi. Analisis data pada kualitatif menggunakan analisis narasi, sedangkan kuantitatif menggunakan analisis deskripsi berupa interpretasi persentase Cross Tabulation Analysis.

 

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 25, pertemuan II 27, pertemuan III skor meningkat 29 dan pertemuan IV skor mencapai maksimal 30  dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas Siswa pertemuan I hanya 47%, pertemuan II 80%, pertemuan III 93% serta pertemuan IV meningkat secara signifikan 100% dengan kualifikasi sangat aktif dan aktif. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar dari pertemuan I 47% meningkat menjadi 100%.

Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwakombinasimodel Problem Based Learning, Make a Match dan Numbered Head Together berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan kombinasimodel Problem Based Learning, Make a Match dan Numbered Head Together dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI