DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER, DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN PEKAPURAN RAYA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:NURSALAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-16


 

Nur salamah. 2022. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan PPKN Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together Dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation , Numbered Heads Together Course Review Horay : Aktivitas Dan Hasil Belajar.

 

Pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dikelas. Pembelajaran PPKN pada Siswa Kelas IV SDN Pekapuran Raya 5

Banjarmasin rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa untuk menggali materi lebih jauh serta kurangnya interaksi antar siswa dan siswa terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan hanya duduk dan mencatat sambil mendengarkan guru menjelaskan. Oleh karena itu salah satu upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan PPKN Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together Dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 14 orang. Data dihasilkan dari lembar instrument lembar observasi dan tes hasil belajar: kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat, pada pertemuan I mendapatkan kriteria “Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik”. Minat siswa pada pertemuaan I mencapai skor kriteria “Kurang Tinggi” dan selalu mengalami peningkatan sehingga pertemuan IV mencapai skor kategori  “seluruh siswa sangat tinggi”. Kemandirian siswa pada pertemuan I “Cukup Rendah” dan pada Pertemuan IV “Tinggi”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan I memperoleh “Aktif” dan meningkat pada pertemuan IV menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 50% dan meningkat pada pertemuan III dan IV memperoleh 100%. Kesimpulan pada penelitian ini dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation , Numbered Heads Together Dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin maka aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.  

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI