DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANFAAT FERI SEBAGAI PENUNJANG EKONOMI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI ALALAK
PENGARANG:ABDURRAHIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-17


.Pemanfaatan feri sebagai Alat bantu penyeberangan di bantaran sungai Alalak masih terbilang masih dibutuhkan dan masih digunakan oleh sebagian masyarakat di Bantaran Sungai Alalak. Khususnya pada masyarakat Berangas Timur dan Alalak Utara, yang memanfaatkan feri sebagai penghubung mereka dengan aktivitas lainnya seperti bekerja, menuntut ilmu, ke pasar dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan feri sebagai alat bantu penyeberangan yang masih dimanfaatkan oleh masyarakat Bantaran Sungai Alalak.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana feri sebagai penyeberangan di Bantaran Sungai Alalak. Lokasi penelitian ini berada di antara Kelurahan Alalak Utara dan Desa Berangas Timur. Informan dalam penelitian ini yaitu, pemilik feri H. Johansyah, Karyawan Feri, Masyarakat, dan Pemerintahan setempat. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga cara yaitu, observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data berdasarkan maksud tujuan penelitian, penyajian data berdasarkan uraian dilengkapi dengan tabel, gambar dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, member check dan triangulasi.

Hasil penelitian ini mengenai manfaat feri sebagai penunjang ekonomi masyarakat di Bantaran Sungai Alalak yaitu keberadaannya masih dibutuhkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Berangas Timur dan Alalak Utara guna menunjang Aktivitas Ekonomi dan Aktivitas lain sebagainya. Hal ini dapat dilihat dari sejak dibangunnya dermaga feri dari tahun 2010 hingga sekarang masih terlihat lalu - lalang aktivitas feri sebagai alat bantu menyeberang bagi masyarakat bantaran sungai Alalak. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingkat efisiensi waktu serta kecepatan tempuh yang dicapai oleh masyarakat dalam membantu mereka mencapai tujuan yang dituju. Selain itu, kegiatan penyeberangan juga menimbulkan manfaat bagi masyarakat sekitar seperti adanya peluang usaha bagi warga sekitar dan juga sebagai keuntungan pribadi bagi pemilik feri penyeberangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI