DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL GIRANG DI KELAS IVB SDN INTI PENGAMBANGAN 3 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:M. NAFIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-17


Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran GIRANG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan model GIRANG pada siswa kelas IVB SDN Inti Pengambangan 3 Kota Banjarmasin.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas IVB SDN Inti Pengambangan 3 Banjarmasin yang berjumlah 13 orang siswa untuk siswa laki-lakinya ada dari 7 orang dan untuk siswa perempuannya ada 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa skor 21-24 dan keterampilan berpikir kritis skor 13-16 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥65 KKM dengan klasikal ≥80%.  

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan sudah terlaksana dari skor 20 kriteria “Baik”,  menjadi skor 27 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga `mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 54% kriteria  “sebagian besar” dan meningkat pada pertemuan  4 menjadi 92% kriteria “hampir seluruhnya”. kemudian keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 memperoleh 54% kriteria “sebagian besar” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92% kriteria “hampir seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 46% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran GIRANG dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran IPS khususnya Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI