DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL GOOGLING PADA SISWA KELAS IVA SDN INTI PENGAMBANGAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:RENY AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-17


Amelia, Reny. (2022).Meningkatkan Aktivitas Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model GOOGLING Pada Siswa Kelas IVA SDN Inti Pengambangan 3 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar dan Model GOOGLING.

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran GOOGLING. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku menggunakan model GOOGLING pada siswa kelas IVA SDN Inti Pengambangan 3 Banjarmasin.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas IVA SDN Inti Pengambangan 3 Banjarmasin yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan aktivitas siswa skor 22-28 dan keterampilan berpikir kritis skor 13-16 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥60 KKM dengan klasikal ≥80%. 

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan sudah terlaksana dari skor 25 kriteria “Baik”,  menjadi skor 35 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 53% kriteria  “sebagian besar aktif” dan meningkat pada pertemuan  4 menjadi 93% kriteria “hampir seluruhnya aktif”. kemudian keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 memperoleh 53% kriteria “sebagian besar terampil” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93% kriteria “hampir seluruhnya terampil”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 53% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran GOOGLING dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan dengan penggunaan model GOOGLING tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI