DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, SAVI, DAN MAKE A MATCH PADA MUATAN IPS KELAS IV SDN TABING RIMBAH 1 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:Nor Af'idah Fitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-17


ABSTRAK

Fitri, Nor Af’idah. 2022.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation, SAVI, dan Make a Match Pada Muatan IPS Kelas IV SDN Tabing Rimbah 1 Kabupaten Barito Kuala.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie M.Si

Kata Kunci :Hasil Belajar, IPS, Group Investigation, SAVI, dan Make A Match

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Tabing Rimbah 1 pada siswa kelas IV adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar, rendahnya tingkat pemahaman siswa, siswa kurang percaya diri, siswa kurang aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, siswa kurang bertanggung jawab terhadap tugasnya, dan siswa masih kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, SAVI, dan Make A Match.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat pertemuan. Subjek penelitian adalahsiswa kelas IV SDN Tabing Rimbah 1 tahun pelajaran 2021/2022 denganjumlah siswa 20 orang.Penelitian dilakukan padamuatan IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jenis data yang digunakan yaitudata kualitatif dan data kuantitatif berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswadalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitungberdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telahditetapkan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, SAVI, dan Make a Match maka aktivitas guru pada pertemuan I sampaiIV meningkat dari 65,62 menjadi 96,8dengankategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan Isampai IV meningkat dari 65,17 menjadi 89,6dengan kategorisangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik juga mencapaiketuntasan 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, SAVI, dan Make a Match dapat meningkatkanaktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPS TemaIndahnya Keragaman di Negeriku. Disarankan kepada guru untuk menggunakankombinasi model tersebutdalam menciptakan kegiatan belajar mengajaryang dapat meningkatkan,motivasi, interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatanpembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarsiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI