DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA KECAMATAN BAKARANGAN KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:RAISYA ADELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-18


Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan kompetensi aparatur desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin; untuk menguji dan menganalisis pengaruh partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin; untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin; dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sistem pengendalian internal terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin.

Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner kepada 144 perangkat desa yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, kaur keuangan, kasi pemerintahan, anggota Badan Pemusyawaratan Desa, dan tokoh masyarakat pada 12 desa yang berada di Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi aparatur pengelola dana desa tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Partisipasi masyarakat berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Pemanfaatan teknologi dan informasi berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Sistem pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Kata Kunci: Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI