DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penambahan Probiotik Rabal Dari Susu Fermentasi, Ragi Tape dan Kulit Jagung Sebagai Pakan Fermentasi Terhadap Pertumbuhan Dan Tingkat Keberlangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
PENGARANG:Rizki Ma'waddah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-18


PENAMBAHAN PROBIOTIK RABAL DARI SUSU FERMENTASI, RAGI TAPE DAN KULIT JAGUNG SEBAGAI PAKAN FERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KEBERLANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus). (Oleh : Rizki Ma’waddah; Pembimbing: Sauqina; Maya Istyadji; 2022; 93 Halaman)

 

ABSTRAK

 

 

Kematian dan lamanya pertumbuhan ikan nila hal yang dapat menggagu produksi. Tingginya harga pakan dan kualitas nutrisi yang rendah merupakan hambatan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila,  dibutuhkannya tambahan pakan yang dapat meningkatkan pertumbuhan ikan dan efesiensi pakan untuk mengurangi biaya produksi. Pada  permasalahan ini dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan probiotik rabal dari susu fermentasi, ragi tape dan kulit jagung sebagai pakan fermentasi terhadap pertumbuhan dan tingkat keberlangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus). Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu fermentasi,  yang diman dapat menurunkan serat kasar pada kulit jagung, dengan penguraian yang ditambahkan susu fermentasi (Lactobacillus,sp.) dan ragi tape (S.cerevisiae). Kulit jagung mengandung protein dan diuraikan menghasilkan asam amino dan sumber energi (ATP) untuk ikan nila. Penelitian dilakukan selama 0-28 hari. Rancangan penelitian yaitu RAL dengan dua perlakuan dan tiga kali pengulangan, P0(tanpa pakan fermentasi) dan P1(menggunakan pakan fermentasi). Uji yang digunakan Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan kedua perlakuan berpengaruh nyata dimana pada P0 menurun sedangkan P1 meningkat. Pada hari ke-28 terhadap pertumbuhan bobot ikan P0 2,9gr, P1 4,81gr. Rasio konversi pakan (FCR) P0 2,06%, P1 0,71%. Panjang ikan P0 5,1cm, P1 6,2cm. Kelangsungan hidup dari hasil survival rate (SR) menunjukkan P0 40% dan P1 70%.

 

Kata kunci : Biaya, kulit jagung, ikan nila, pakan fermentasi, probiotik rabal,                                         pertumbuhan,kelangsungan hidup

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI