DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA TENTANG BERCERITA DENGAN METODE BERCERITA DANMODEL PICTURE AND PICTURE DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:RISKA ARIANATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-18


ABSTRAK

Arianata, Riska. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa tentang Bercerita Menggunakan Metode Bercerita dengan Model Picture and Picture di Kelompok B TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat S1 PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata kunci: Bahasa Anak, Picture and Picture.

            Permasalahannya anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat masih kurang mampu menceritakan kembali yang telah diceritakan guru kepada anak. Penyebabnya adalah kurang adanya metode dan model pembelajaran yang tepat sehingga anak menjadi kurang berkembang dalam aspek berbahasa. Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Tentang Bercerita Menggunakan Metode Bercerita Dengan Model Picture and Picture di Kelompok B TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 9 orang anak. Instrumen yang digunakan observasi, wawancara, dan tes kepada anak. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan guru mencapai skor 26-32 dengan kategori sangat baik terlaksana. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila rata-rata 81% anak kategori minimal aktif. Hasil pengembangan aspek secara klasikal anak memperoleh minimal dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 32 poin. Hasil aktivitas anak mencapai 100%. Hasil Perkembangan berbahasa anak mencapai hasil 100% maka berdasarkan dari hasil kesimpulan hipotesis maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode bercerita dengan model picture and picture pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam belajar bahasa.

Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru dapat menerapkan metode bercerita dengan model picture and picture dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI