DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, NUMBER HEAD TOGETHER PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V DI SDN PANGERAN 3 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:CHANDRA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-18


Wati, Chandra. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Kerjasama dan Hasil Belajar Muatan Ipa Materi Siklus Air Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Number Head Together dan Picture and Picture Pada Siswa Kelas V di SDN Pangeran 3 Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Celia Cinantya, S.Kom., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Kerjasama, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Number Head Together (NHT), Dan Picture and Picture

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, kerjasama dan hasil belajar siswa. Ini disebabkan oleh siswa kurang aktif, pembelajaran kurang bermakna, kurangnya kerjasam tim, tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan adanya kesenjangan antar siswa pandai dan kurang pandai. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Number Head Together (NHT) dan Picture and Picture. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, kerjasama siswa dan hasil belajar pada kelas V setelah mengikuti pembelajaran IPA Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita). Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan di kelas V SDN Pangeran 3 Kota Banjarmasin berjumlah 22 siswa terdiri 8 perempuan dan 14 laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik menggunakan pengumpulan data dengan observasi pada aktivitas guru, siswa dan kerjasama siswa dan evaluasi pada hasil belajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yang dijabarkan dalam bentuk tabel, grafik dan diinterpretasikan bentuk persentase. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kategori skor mencapai ≥ skor 27 dengan kriteria “Sangat Aktif”, aktivitas siswa dikatakan berhasil mencapai kriteria “Seluruh Siswa Aktif” dengan rentang skor 23-28 dan ketuntasan klasikal ≥80%, Kerjasama siswa dikatakan berhasil mencapai ≥ skor 11 dan kriteria ketuntasan klasikal ≥80% “Seluruh Siswa Bekerjasama dengan Baik” dan Hasil Belajar siswa dapat dikatakan berhasil yaitu KKM ≥ 70% dan secara klasikal sebesar 80% dari semua siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 24 meningkat pertemuan IV mendapat skor 31. Aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 45,45% meningkat pada pertemuan IV sebesar 95,45%. Kerjasama siswa pada pertemuan I sebesar 45,45% kemudian pada pertemuan IV mengalami peningkatan sebesar 95,45%. Adapun Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Number Head Together (NHT) dan Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas, kerjasama dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk sekolah, guru, siswa dan peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai solusi referensi dan alternatif kedepannya dalam meningkatkan aktivitas, kerjasama dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI