DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN SEJARAH KONTROVERSIAL MATERI MASA PRAAKSARA DI MADRASAH ALIYAH PLUS AL-HAMID BANJARMASIN
PENGARANG:Lutfi Nawang Wulan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-18


ABSTRAK

Lutfi Nawang Wulan, (1810111220019). Pembelajaran Sejarah Kontroversial Materi Masa Praaksara di Madrasah Aliyah Plus Al-Hamid Banjarmasin . Skripsi. (Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd., dan Pembimbing II: Melisa Prawitasari, M.Pd.).

Pembelajaran sejarah materi kontroversial merupakan salah satu materi yang terbilang sulit untuk diajarkan dan sebagian guru menghindari materi tersebut. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan guru mengenai materi sejarah kontroversial. Salah satu materi sejarah kontroversial yang diajarkan di sekolah adalah teori evolusi. Teori evolusi menjadi kontroversi karena adanya perbedaan pendapat antara teori dan sudut pandang dari agama Islam. Teori evolusi ini menjadi tantangan yang cukup sulit untuk diajarkan pada peserta didik.  Jika pembelajaran sejarah kontroversial diajarkan dengan baik, bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pembelajaran sejarah kontroversial pada peserta didik di Madrasah Aliyah plus Al-Hamid, 2) hasil dari pembelajaran sejarah kontroversial di Madrasah Aliyah Plus Al-Hamid, 3) kendala dalam pembelajaran sejarah kontroversial pada peserta didik Madrasah Aliyah plus Al-Hamid.

Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penentuan subjek yang diteliti menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data triangulasi, dan analisis data menggunakan acuan dari Miles and Huberman. Proses analisis data dimulai dari data reduction, kemudian data display dan data conclusion drawing/verification.

Hasil dari penelitian ini yaitu; secara keseluruhan pembelajaran sejarah kontroversial di Madrasah Aliyah Plus Al-Hamid sudah baik. Hasil penerapan pembelajaran sejarah kontroversial sudah baik. Namun, masih terdapat kendala yang guru hadapi  dalam mengajarkan sejarah kontroversial seperti, perencanaan pembelajaran sejarah kontroversial masih kurang matang, kondisi kelas yang kurang kondusif, serta sumber belajar yang masih kurang, tidak ada sumber terbaru mengenai materi teori evolusi. Kesimpulan dari penelitian ini pembelajaran sejarah kontroversial di Madrasah Aliyah Plus Al-Hamid secara keseluruhan sudah baik, namun masih terdapat kendala yang dialami oleh guru selama mengajarkan materi sejarah kontroversial.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, sejarah kontroversial, pembelajaran sejarah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI