DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN BI RATE TERHADAP HARGA SAHAM PADA SEKTOR PERBANKAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2020
PENGARANG:VIVA KURNIA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-18


ABSTRAK

 

Viva Kurnia Wati, 1710412620054, 2022, Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan BI Rate Terhadap Harga Saham pada sektor Perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2020. Dibawah bimbingan Nurul Wahyuni.

 

            Pertumbuhan ekonomi Indonesia periode 2013-2020 telah mengalami kenaikan dan penurunan. Salah satu syarat untuk kemajuan sebuah Negara adalah sehatnya suatu bank dan pasar modal. Salah satu instrument pasar modal adalah saham. Harga Saham merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh investor dalam melakukan investasi sebab harga saham mampu menunjukkan nilai suatu perusahaan. Namun harga saham pada 8 tahun terakhir ini mengalami fluktuasi yang cukup signifikan terutama pada sektor perbankan BUMN.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan antar Return On Assets (ROE), Return On Equity (ROE), dan BI Rate terhadap Harga Saham Pada Sektor Perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2020.

 

            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian bersifat eksplanotory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 4 sampel laporan keuangan perbankan BUMN dengan periode pengamatan 8 periode sehingga total sampel penelitian menjadi 32 sampel. Teknik pengumpulan data dengan melalui dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 26.0.

 

            Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Return On Assets (ROA) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan tingkat signifikansi sebesar 0,012 < 0,05 dengan nilai sumbangan efektif sebesar 42,0%. Return On Equity (ROE) secara parsial tidak berpengaruh signifikan  terhadap Harga Saham diketahui tingkat signifikansi sebesar 0,109 > 0,05 dengan nilai sumbangan efektif sebesar -16,6%. BI Rate secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham diketahui tingkat signifikansi sebesar 0,844 > 0,05 dengan nilai sumbangan efektif sebesar 0,19%. Secara simultan Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan BI Rate berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Besaran pengaruh sebesar 25,6% dengan tingkatan lemah.

 

 

Kata Kunci : Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), BI Rate dan Harga Saham.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI