DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL INVESTOR DI KELAS V SDN 2 BANGKAL
PENGARANG:IMILIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-18


Ulfah, Imilia. (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peran Ekonomi Menggunakan Model INVESTOR di Kelas V SDN 2 Bangkal. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Peran Ekonomi, INVESTOR.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum melibatkan siswa secara aktif, pembelajaran kurang variatif, dan guru jarang mengulang materi pembelajaran. Adapun upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran INVESTORdalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, dan mengalisis hasil belajar siswa di kelas V SDN 2 Bangkal

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Bangkal, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 10 orang  siswa yang terdiri dari 5 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Guru pada pertemuan 1 mencapai 64.28% dengan kategori  baik,  kemudian meningkat sampai pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga meningkat pada setiap pertemuannya, pada pertemuan 1 mencapai 50% dengan kategori cukup aktif kemudian terus meningkat sampai pada pertemuan 4 hingga mencapai kategori 100% sangat aktif. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 50% kemudian meningkat sampai pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model INVESTOR dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar kombinasi model ini dapat menjadi salah satu alternatif dan referensi dalam penggunaan model pembelajaran yang variatif. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI