DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN AKTIVITAS SISWA OLEH GURU MATA PELAJARAN SEJARAH SELAMA PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 BATU AMPAR TAHUN AJARAN 2021/2022
PENGARANG:Ida Rahmawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-18


ABSTRAK

Ida Rahmawati, (1810111320003). 2022. Pengelolaan Aktivitas Siswa oleh Guru Sejarah Selama Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Ampar Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. (Pembimbing I : Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II : Fitri Mardiani M.Pd)

Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia merubah pola pembelajaran. Pembatasan interaksi selama masa pandemi Covid-19 membuat pembelajaran dilaksanakan  secara daring (dalam jaringan). Akibat nya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran berkurang, sehingga siswa kurang terlibat aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan aktivitas siswa oleh guru sejarah kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Batu Ampar Tahun Ajaran 2021/2022.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian: 1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran sejarah secara daring memiliki kelemahan, keterlibatan aktif siswa pada kelas daring lebih kecil dari pada kelas konvensional. 2) Kendala yang dihadapi guru yaitu, kendala teknis, keterbatasan sarana prasarana, berkurangnya kesadaran belajar siswa. 3) Guru menyiapkan RPP sesuai dengan Kurikulum 2013, guru menggunakan model pembelajaran problem based learning dan metode diskusi, ceramah, tanya jawab untuk mengelola kelas. Guru menggunakan aplikasi google classroom untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran, guru mampu memvariasikan media pembelajaran dengan menambahkan video dari Youtube dan artikel online. Bentuk evaluasi yang digunakan oleh guru seperti soal berbentuk Google Form.

Kata kunci : Pengelolaan, Pembelajaran Daring , Pembelajaran Sejarah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI