DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS IKLAN IM3 OOREDOO VERSI TOMMY KAGANAGAN PADA PENONTON YOUTUBE DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ERPANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-19


ABSTRAK

ERPANDI, D1C115051, 2022, Efektivitas Iklan IM3 Ooredoo Versi Tommy Kaganagan Pada Penonton Youtube Di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Atika, dan Achmad Bayu Chandrabuwono.

            Salah satu platform yang bermanfaat untuk berbagi informasi dalam bentuk video adalah youtube dimana iklan dari IM3 Ooredoo versi Tommy Kaganangan adalah salah satu iklan yang mengedepankan ide dan gagasan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas iklan IM3 Ooredoo versi Tommy Kaganangan pada penonton youtube di Banjarmasin dengan menggunakan Direct Rating Method. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi penelitiannya masyarakat Kota Banjarmasin sebanyak 715.703 jiwa. Sampel yang diambil sebanyak 200 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik Efektivitas Iklan dari 5 aspek yakni (1) Perhatian (Attention), (2) Pemahaman, (3) Respon Kognitif, (4) Respon Afektif dan (5) Sikap Terhadap Iklan.

            Hasil penelitian ini dijelaskan bahwa Tingkat efektivitas Iklan Im3 Ooredoo Versi Tommy Kaganagan Cara Bikin Konten Video Lebih Gampang dan Mudah by Tommy Kaganangan  di Youtube dengan pendekatan DRM model mendapatkan hasil yang dikategorikan efektif, dengan total nilai DRM rate sebesar 3,16 dari skala 1 sampai 4. Hal ini dapat menjawab hipotesis penelitian yaitu dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil menunjukkan bahwa iklan IM3 Ooredoo versi Tommy Kaganangan pada penonton youtube di Banjarmasin termasuk efektif dengan pendekatan DRM model. Hasil yang diperoleh dari direct rating adalah 63.48. Jika  ditafsirkan ke dalam rentang skala Direct Rating maka Iklan Im3 Ooredoo Versi Tommy Kaganagan Cara Bikin Konten Video Lebih Gampang dan Mudah by Tommy Kaganangan termasuk ke dalam kategori iklan baik. Iklan baik menunjukan bahwa iklan telah berhasil menarik perhatian, pemahaman, kognitif dan reaksi afektif dan perilaku konsumen untuk menyikapi iklan Kartu Seluler IM3 Ooredoo tersebut.

Kata kunci : Efektivitas Iklan IM3 Ooreedoo, Tommy Kaganangan, Youtube, Direct Rating Model

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI