DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH SAWI DAN AIR CUCIAN BERAS TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens)
PENGARANG:RIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-19


Penggunaan pupuk anorganik secara terus menerus dapat menyebabkan penurunan kualitas tanah. Adanya pupuk organik digunakan sebagai pengganti pupuk anorganik dalam memenuhi kekurangan unsur hara lebih cepat dibandingkan dengan pupuk anorganik. Pupuk organik cair juga memiliki bahan pengikat, dan pupuk organik cair lebih mudah diserap tanaman karena unsur-unsur yang terkandung di dalamnya telah terurai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair limbah sawi (Brassica chinensis var.parachinensis) dan air cucian beras dalam mempercepat pertumbuhan tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens). Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen dengan pendekatan kuantitatif,  menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil data pengamatan dianalisis menggunakan rata-rata pertambahan pertumbuhan tanaman cabai rawit, dan uji ANOVA satu jalur dengan taraf signifikan 5%. Pada rata-rata pertambahan di setiap parameter, terlihat bahwa perlakuan POC 100 ml lebih menunjukkan pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Kemudian hasil uji one-way ANOVA, pengaruh pemanfaatan POC limbah sawi dan air cucian beras menjukkan bahwa  terdapat perbedaan yang signifikan pada pertumbuhan tanaman cabai rawit yang mendapatkan perlakuan berbeda dengan (p-value < 0,05). Selain itu, uji lanjutan Duncan juga menunjukkan bahwa P3 dengan dosis POC 100 ml konsisten berbeda nyata dibandingkan dengan perlakuan lain, baik untuk tinggi tanaman, jumlah daun dan jumlah buah.Penelitian ini menyarankan bagi petani cabai rawit lokal untuk mempertimbangkan penggunaan poc limbah sawi dan air cucian beras dengan dosis yang optimal untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Kata kunci : Pupuk organik cair, limbah sawi (Brassica chinensis var.parachinensis), air cucian beras, cabai rawit (Capsicum frutescens).

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI