DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ( SIKAP PERCAYA DIRI ANAK ) MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING, METODE DEMONSTRASI DAN TALKING STICK PADA KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA PUGAAN KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:Azrina Nursyafitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-20


Nursyafitri, Azrina. 2022 “ Mengembangkan Aspek Sosial Emosional ( Sikap Percaya Diri Anak ) Menggunakan Model Discovery Learning, Metode Demonstrasi dan Talking Stick Pada Kelompok A TK Negeri Pembina Pugaan Kabupaten Tabalaong " . Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci : Sosial, Emosional, Sikap Percaya Diri, Model Discovery Learning,

Metode Demonstrasi, Model Talking Stick.

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aspek sosial emosional sikap

percaya diri anak yang masih belum berkembang, penyebabnya adalah

pembelajaran daring yang lama dilakukan, guru kurang dapat menarik perhatian

anak dan karena strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. untuk mengatasi hal

tersebut peneliti menggunakan model discovery learning, metode demonstrasi dan

talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas

anak dan capaian perkembangan kemampuan sosial emosional khusus nya sikap

percaya diri anak.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis

penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4

pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Pugaan Kabupaten

Tabalong pada kelompok A yang berjumlah 14 orang anak. Objek penelitian ini

adalah mengembangkan aspek sosial emosional ( sikap percaya diri anak ). Teknik

analisis data menggunakan data kualitatif untuk aktivitas guru dan anak, sedangkan

data kuantitatif untuk enentukan hasil perkembangan anak. Analisis data dari

aktivitas guru mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “ sangat baik”, aktivitas anak

secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “ sangat aktif” dan hasil

perkembangan aspek sosial emosional mendapat ? ? ? dengan kategori

“berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori

sangat baik. aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif. hasil perkembangan

aspek sosial emosional memperoleh kategori berkembang sesuai harapan ( BSH )

dan berkembang sangat baik ( BSB).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model

discovery learning, metode demonstrasi dan talking stick dapat meningkatkan

aktivitas dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut

sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak

pada peningkatan hasil perkembangan aspek sosial emosional ( sikap percaya diri

anak ) 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI