DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ( SIKAP PERCAYA DIRI ANAK ) MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING, METODE DEMONSTRASI DAN TALKING STICK PADA KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA PUGAAN KABUPATEN TABALONG | |
PENGARANG | : | Azrina Nursyafitri | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-20 |
Nursyafitri, Azrina. 2022 “ Mengembangkan Aspek Sosial Emosional ( Sikap Percaya Diri Anak ) Menggunakan Model Discovery Learning, Metode Demonstrasi dan Talking Stick Pada Kelompok A TK Negeri Pembina Pugaan Kabupaten Tabalaong " . Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.
Kata Kunci : Sosial, Emosional, Sikap Percaya Diri, Model Discovery Learning,
Metode Demonstrasi, Model Talking Stick.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aspek sosial emosional sikap
percaya diri anak yang masih belum berkembang, penyebabnya adalah
pembelajaran daring yang lama dilakukan, guru kurang dapat menarik perhatian
anak dan karena strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. untuk mengatasi hal
tersebut peneliti menggunakan model discovery learning, metode demonstrasi dan
talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas
anak dan capaian perkembangan kemampuan sosial emosional khusus nya sikap
percaya diri anak.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4
pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Pugaan Kabupaten
Tabalong pada kelompok A yang berjumlah 14 orang anak. Objek penelitian ini
adalah mengembangkan aspek sosial emosional ( sikap percaya diri anak ). Teknik
analisis data menggunakan data kualitatif untuk aktivitas guru dan anak, sedangkan
data kuantitatif untuk enentukan hasil perkembangan anak. Analisis data dari
aktivitas guru mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “ sangat baik”, aktivitas anak
secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “ sangat aktif” dan hasil
perkembangan aspek sosial emosional mendapat ? ? ? dengan kategori
“berkembang sesuai harapan”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori
sangat baik. aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif. hasil perkembangan
aspek sosial emosional memperoleh kategori berkembang sesuai harapan ( BSH )
dan berkembang sangat baik ( BSB).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model
discovery learning, metode demonstrasi dan talking stick dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut
sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak
pada peningkatan hasil perkembangan aspek sosial emosional ( sikap percaya diri
anak )
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI