DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI MODEL BEYOND CENTRE AND CIRCLE TIME DENGAN METODE BERCERITA DAN MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK B TK SUKA MAJU DESA LUNJUK HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:Novia Farida
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-20


Farida, Novia. 2022 "Upaya Mengembangkan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Model Beyond Centre and Circle Time dengan Metode Bercerita dan Media Gambar Kelompok B TK Suka Maju Desa Lunjuk Hulu Sungai Tengah. Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd.

Kata kunci : Keaksaraan, Model Beyond Centre and  Circle Time, Metode Bercerita, Media Gambar.

 Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya aspek keaksaraan dalam menghubungkan antara bunyi dan bentuk huruf yang disebutkan yang dimana anak masih belum mampu dan belum berkembang dikarenakan pembelajaran yang kurang variatif yang hanya menggunakan model pembelajaran yang berulang-ulang, untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan model beyond centre and circle time  dengan metode bercerita dan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akrifitas guru, aktifitas anak dan dan hasil perkembangan anak dalam menunjukan aktifitas anak khususnya dalam menghubungkan antara bunyi dan bentuk huruf yang disebutkan.

 Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan 2 siklus, dengan setting penelitian dilakukan pada anak kelompok B TK Suka Maju Desa Lunjuk pada tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 18 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, unjuk kerja. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktifitas guru memenuhi kreateria penilaian sangat baik dengan skor 27-36 dan aktifitas anak mendapat skor 13-15 dengan kriteria sangat aktif, serta hasil perkembangan aspek keaksaraan memenuhi skor 10-12 dengan kreteria 63%-81% dengan kategori Berkembang sangat baik (BSB).  

 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktiftas guru memperoleh kategori sangat baik. Akrifitas anak memperoleh kategori sangat aktif. Hasil perkembangan aspek keaksaraan memperoleh kategori berkembangan sesuai harapan (BSH) dan berkembangan sangat baik (BSB). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model beyond centre and circle time dengan metode bercerita dan media gambar dapat mengembangkan aspek keaksaraan pada kelompok B TK Suka Maju Desa Lunjuk HST. Disarankan penggunaan model, metode dan media sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan aktifitas pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan aspek keaksaraan (menghubungkan antara bunyi dan bentuk huruf yang disebutkan). 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI