DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, PICTURE AND PICTURE DAN ROLE PLAYING PADA MUATAN IPS KELAS IV SDN 1 WAYAU KECAMATAN TANJUNG
PENGARANG:Hafizatul Husna
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-20


ABSTRAK

Husna, Hafizatul. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Picture And Picture Dan Role Playing Pada Muatan IPS Kelas IV SDN 1 Wayau Kecamatan Tanjung. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Picture And Picture dan Role Playing

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Wayau Kecamatan Tanjung terhadap muatan IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Penyebab dari masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa mengenai keterampilan berpikir kritis masih kurang, siswa kurang memperhatikan, kurang aktif terhadap pembelajaran, sikap siswa masih suka ribut karena pembelajaran kurang menarik, siswa masih belum berani mengungkapkan pendapat didepan secara efektif dan efisien. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Picture And Picture, dan Role Playing.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus.  Setting penelitian dilakukan di SDN 1 Wayau Kecamatan Tanjung pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 19 orang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan pada muatan IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif yaitu berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belaajar yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Picture And Picture, dan Role Playing pada siklus IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 97,2 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 82,50 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif ketuntasan mencapai 95%, hasil belajar afektif dan psikomotorik ketuntasan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Picture And Picture, dan Role Playing dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Picture And Picture, dan Role Playing dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI