DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PERMAINAN MONTESSORI DAN MEDIA SANDPAPER LETTERS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SUKA MAJU DESA LUNJUK HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:Alda Laida
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-20


Laida alda, 2022 "Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Permainan Montessori dan Media Sandpaper Letters Kelompok A TK Suka Maju Desa Lunjuk HST" .

Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd.

Kata kunci : Keaksaraan Awal, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode

Permainan Montessori, Media Sandpaper Letters.

Penelitian ini dilatarbelakangi ialah rendahnya hasil perkembangan bahasa

anak pada aspek keaksaraan awal dalam mengenal dan meniru (menuliskan

dengan menyebutkan) huruf yang masih belum berkembang. Untuk mengatasi hal

tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui metode

permainan Montessori dengan media sandpaper letters. Tujuan dari penelitian

iniiialah aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam

menunjukkan aktivitas anak dalam mengenal dan meniru (menuliskan dengan

menyebutkan) huruf.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis

penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2

siklus. Penelitian iniidilakukan di TK Suka Maju Desa Lunjuk HST tahun ajaran

2021/2022 pada kelompok A yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 4 orang

anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang

dilakukan dengan observasi, wawancara, unjuk kerja, dan evaluasi melalui LKPD.

Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru memenuhi

kriteria sangat baik dengan skor 23-28, dan aktivitas anak mendapat kriteria

sangat aktif dengan skor 13-15, serta hasil perkembangan memenuhi skor 10-12

dengan kriteria ≥ 80% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kaegori

sangat baik, aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif, hasil perkembangan

aspek aspek keaksaraan awal memperoleh kategori berkembang sesuai harapan

(BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan penelitian ini adalah

penggunaan model pembelajaran kooperatif, metode permainan montessori dan

media sandpaper letters dalam mengembangkan aspek keaksaraan awal

(mengenal dan meniru) pada anak kelompok A TK Suka Maju Desa Lunjuk HST.

Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam

meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan hasil

perkembangan aspek keaksaraan awal dalam (mengenal dan meniru).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI