DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Ekonomi Pengrajin Tanggui Di Kelurahan Alalak Selatan Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:Mutia Amanda Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-21


Mutia Amanda Putri. 2022. Aktivitas Ekonomi Perajin Tanggui di Kelurahan Alalak Selatan Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

 

Lingkungan sekitar memiliki keterkaitan yang erat pada pembelajaran IPS. Pemanfaatan lingkungan dapat mendukung pembelajaran kontekstual bagi peserta didik. Materi pada pembelajaran IPS mengenai aktivitas ekonomi dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Aktivitas ekonomi perajin tanggui dari produksi serta distribusi dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan gambaran umum perajin tanggui di Alalak Selatan. 2) Mendeskripsikan aktivitas ekonomi perajin tanggui di Alalak Selatan. 3) Mendeskripsikan aktivitas ekonomi perajin tanggui di Alalak Selatan sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian untuk menggambarkan aktivitas ekonomi perajin tanggui. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan aktivitas ekonomi perajin tanggui, wawancara dengan perajin tanggui, lurah, ketua RT, guru IPS, serta dosen, dan dokumentasi berupa rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata yang dilengkapi tabel dan gambar, dan verifikasi data dengan menyimpulkan. Uji Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) Masyarakat yang menjadi perajin tanggui mengandalkan hasil dari menjadi perajin tanggui untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Permintaan akan tanggui akan meningkat pada saat musim panen padi tiba dan harga tanggui akan menjadi naik. Tanggui yang dibuat perajin di Kelurahan Alalak Selatan merupakan tanggui setengah jadi. 2) Aktivitas ekonomi perajin tanggui meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi. Proses produksi bakal tanggui meliputi memotong daun nipah, menjemur, dirangkai, disemat, maraih, dikasau, serta mamumpung. Distribusi yang dilakukan perajin ialah distribusi tidak langsung melalui perantara. Tanggui setengah jadi yang dibuat perajin selanjutkan akan dijual kepada perajin lain yang akan melanjutkan pembuatan tanggui sampai jadi. 3) Aktivitas ekonomi perajin tanggui dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS kelas VII pada materi potensi sumber daya alam Indonesia dan materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan tujuan agar peserta didik dapat menggali informasi dan potensi yang ada di lingkungannya.

Kata Kunci: Aktivitas Ekonomi, Perajin Tanggui, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI