DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PGRI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI ANISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-22


Siti Anisa, (1710111220029). 2021. Dampak Penggunaan Media Google 

Classroom Terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Dalam 

Pembelajaran Sejarah Di SMA PGRI 1 Banjarmasin. Skripsi. (Pembimbing 

I : Heri Susanto, M.Pd dan Pembimbing II : Melisa Prawitasari, M.Pd). 

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai proses pembelajaran yang 

dilakukan secara daring (dalam jaringan) disebabkan wabah Covid-19 yang 

terjadi di kota Banjarmasin. Sehingga dalam proses pembelajaran terjadi 

perubahan yang awalnya dilakukan secara luring (luar jaringan) kini berubah 

menjadi daring. Dengan demikian guru dituntut untuk dapat menggunakan 

teknologi di bidang pendidikan agar dapat berlangsungnya pembelajaran daring.

Penelitian ini berfokus pada penggunaan google classroom sebagai media 

pembelajaran serta dampak dari penggunaan google classroom terhadap 

keterampilan komunikasi peserta didik. Permasalahan yang muncul ketika 

pembelajaran daring menggunakan media google classroom adalah tidak adanya 

respon yang dilakukan oleh peserta didik ketika pembelajaran berlangsung, 

peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dan pembelajaran yang 

bersifat monoton.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang 

menghasilkan gambaran fakta mengenai dampak penggunaan media google 

classroom terhadap keterampilan komunikasi peserta didik dalam pembelajaran 

sejarah di SMA PGRI 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian 

ini dilakukan oleh peneliti diantaranya observasi, wawancara dan studi dokumen.

Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penggunaan 

media google classroom dalam pembelajaran sejarah di SMA PGRI 1 

Banjarmasin sudah berjalan dengan baik namun belum dilakukan secara maksimal 

dalam penggunaan fitur yang tersedia pada google classroom, (2) dampak negatif 

yang dirasakan peserta didik tidak adanya interaksi antar guru dan peserta didik 

sehingga menurunnya keterampilan komunikasi, kurangnya pemahaman peserta 

didik terhadap materi pembelajaran serta pembelajaran yang bersifat monoton 

membuat peserta didik kurang bersemangat dalam belajar. (3) dampak positif 

yang dirasakan peserta didik meningkatnya minat baca dan bertambahnya 

kemampuan teknologi bagi peserta didik.

Kata kunci: Media Google Classroom, Keterampilan Komunikasi, 

 

Pembelajaran Sejarah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI