DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MULTIMEDIA FLIPBOOK DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:TIARA FATMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-22


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi di era industri 4.0 yang menuntut guru untuk lebih inovatif dalam melaksanakan pembelajaran, terlebih lagi dimasa pembelajaran dilakukan secara online akibat mewabahnya virus COVID-19 di seluruh dunia. Demi mengurangi resiko penularan pemerintah mengeluarkan kebijakan WFH (Work From Home), segala aktivitas hanya boleh dilakukan di rumah seperti bekerja, bahkan belajar di sekolah pun juga dilakukan di rumah SFH (School From Home). Hal ini menjadi tantangan baru bagi guru dalam mengajar. Salah satu komponen yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran yaitu, media pembelajaran.

Media sebagai alat untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik, dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat sesuai akan kondisi dan kebutuhan peserta didik maka media pembelajaran tersebut, mampu mempengaruhi hasil belajar peserta didik, karena itu guru dituntut untuk menggunakan media pembelajaran yang inovatif dalam mendukung pembelajaran online yang berhasil mempengaruhi hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh suatu multimedia pembelajaran yang bersifat interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 10 Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan prosedur Quasi Eksperiment. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel meliputi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik dengan bentuk tes yaitu soal pilihan ganda dan non tes berupa angket penilaian multimedia flipbook digital, dan angket validasi ahli.

Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran sejarah materi strategi perjuangan pergerakan nasional lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan rata-rata nilai untuk kelas kontrol sebesar 61,59 dan kelas eksperimen sebesar 81,60. (2) pada analisis data postest menggunakan uji-t yaitu, dengan hasil yang diperoleh nilai signifikansi Sig. (2-tailed) 0,00 > 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia flipbook digital terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI.

Kesimpulan dari penelitian yaitu adanya perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada pembelajaran sejarah, hasil belajar kelas eksperimen pada pretest lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol dan hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari penggunaan multimedia flipbookdigital terhadap hasil belajar peserta didik kelas eksperimen

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI