DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Resiliensi pedagang Obat Pasar Baru Permai Banjarmasin
PENGARANG:ROZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-22


2021

Abstrak

            Rozi 1610412310037, 2021 Resiliensi Pedagang Obat Pasar Baru Permai Banjarmasin dibawah bimbingan Drs. Fitriyadi, M. Si.

             Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa saat ini pedagang obat Pasar Baru Permai Banjarmasin sedang mengalami tantangan yang serius dalam menjalankan usahanya obatnya, mengingat para pedagang obat yang berdagang di pasar ini masih bersifat konvensional dan merupakan pasar tradisional, meski begitu mereka mampu bertahan puluhan tahun berdagang di pasar tersebut tanpa berpindah tempat dan dengan produk obat – obatan yang hampir sama, mereka mampu bertahan sampai saat ini meskipun dunia farmasi mengalami pertumbuhan secara signifikan akibat arus kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan aspek – aspek resiliensi pedagang obat Pasar Baru Permai banjarmasin dan bagaimana peranan dari setiap aspek – aspek resiliensi yang diterapka oleh pedagang obat Pasar baru permai Banjarmasin. Dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang mana peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau dapat ditarik kesimpulan yang kemudian data yang diperolah akan diuji dengan creadibility, tranfertability, dan confirmability sehingga penelitian ini memenuhi standart untuk memperoleh kebasahan data.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa resiliensi dengan ketujuh aspek yang membentuknya berperan penting bagi pedagang obat Pasar Baru permai Banjarmasin untuk membuat usahanya bertahan lama di pasar tersebut dan menghasilkan keuntungan, para pedagang obat Pasar Baru permai banjarmasin menerapkan dan menerima peranan yang baik dari ketujuh aspek – aspek resiliensi yaitu regulasi emosi, pengendalian impuls, empati, motivasi, causal alaysis, self – efficacy, dan reaching out. Akan tetapi dari ketujuh aspek yang diterapka para pedagang tersebut hanya 4 aspek yang memberi makna yang lebih komprehensif selama puluhan tahun berdagang yaitu aspek regulasi emosi, pengendalian impuls, empati, dan motivasi sedangkan aspek causal alaysis, self – efficacy, dan reaching out kurang memberikan makna yang komprehensif.

Kata kunci : Resiliensi, Pelaku usaha industri farmasi, Obat - obatan, Pedagang, Pasar baru permai Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI