DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “TRAUMA” TERHADAP TINGKAT AFEKTIF ORANG TUA TENTANG KEKERASAN ANAK SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE
PENGARANG:MUHAMMAD AKMAL RIDHONI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-22


ABSTRAK

Muhammad Akmal Ridhoni, 1710414210015, 2022, Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat “Trauma” Terhadap Tingkat Afektif Orang Tua Tentang Kekerasan Anak Selama Pembelajaran Online. Dibimbing oleh Atika Rusli dan Astinana Yuliarti.

Kekerasan pada anak sudah menjadi permasalahan yang hadir setiap tahun, terlebih selama masa pandemi COVID-19, yang mana kasusnya semakin meningkat. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegahnya, salah satunya adalah dengan memberikan informasi terkait dampak negatif dari tindak kekerasan anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan afektif orang tua setelah diberikan informasi berupa video iklan layanan masyarakat.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen, desain True Experimental dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam bentuk ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa video iklan layanan masyarakat sementara kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan kepada 40 responden, setiap kelompok terdiri dari 20 responden. Kuisioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data dan paired sample t-test sebagai teknik analisis data.

Hasil pengujian hipotesis pada kelompok mendapatkan hasil sig (2-tailed) (0,000) < (0,05) dengan derajat kepercayaan 95%. Nilai rerata kelompok eksperimen pada tahap pre-test adalah 2,991, dan pada tahap post-test adalah 3,608. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan afektif orang tua pada kelompok eksperimen mengenai dampak kekerasan anak setelah diberikan perlakuan berupa video iklan layanan masyarakat, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Eksperimen, Video, Iklan Layanan Masyarakat, Afektif Orang Tua, Kekerasan Anak, Pembelajaran Online.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI